Posted January 17, 2013 by wisata in PICNIC SEPUTAR JOGJA
 
 

Wisata Dayung Di Sungai OPAK

dayungopakJP
dayungopakJP

Seru nih sepertinya kalo mencoba mendayung perahu di sungai Opak,karena sungai ini merupakan sungai terbesar yang mempunyai beberapa anak sungai., Berbeda dengan rafting yang dimana arus sungainya deras, sedangkan di sungai opak arus sungai tidak deras hanya saja perlu adrenalin yang deras juga karena harus mendayung sekuat tenaga untuk menjalankan perahu naga tersebut.

Pada saat perayaan Peh Cun, perayaan kebudayaan Tionghoa, penunjung juga dapat menyaksikan perlombaan dayung perahu naga yang diadakan pada bendungan tersebut. Peh Cun yaitu dialek Hokkian yang dalam bahasa indonesia memiliki arti mendayung perahu. Perlombaan perahu naga, makan bahcang, dan mendirikan telur adalah tradisi para masyarakat Tionghoa yang di gelar pada bendungan tegal.

Bendungan Tegal dibuat dengan membendung aliran Sungai Opak. Sungai tersebut merupakan salah satu sungai besar yang terdapat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa anak sungai tersebut yaitu Sungai Code, Sungai Gajah Wong, dan Sungai Oyo.

Perlombaan tersebut sengaja digelar dengan maksud untuk memperkenalkan olahraga air yang belum terlalu dikenal dan populer. Selain itu kegiatan tersebut menarik minat masyarakat untuk mengunjungi wisata air ini. Akses bisa dicapai dengan sangat mudah untuk menuju lokasi wisata Dayung Opak ini. Pengunjung dapat menggunakan angkutan umum berupa bus jurusan Jogja-Parangtritis. Bus tersebut tersedia di jalan Parangtritis atau Terminal Giwangan, kemudian turun di Kecamatan Kretek Sebelum bertemu jembatan Kretek Bantul.

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic