Posted April 15, 2013 by wisata in WISATA
 
 

Wisata Arsitektur Tradisional Jawa

jogja_picnic_keraton_jogja
jogja_picnic_keraton_jogja

Mungkin Anda sudah mengetahui Keraton Jogja, sebenarnya tempat tersebut adalah salah satu tempat wisata terpopuler sekaligus  wisata arsitektural tradisional Jawa.

Bangunan kebanggaan dari tahun 1756 ini merupakan simbol budaya, politik, tahta, kediaman Sultan Yogyakarta, sekaligus pusat arsitektur tradisional Jawa. Saat musim liburan, jumlah kunjungan ke tempat tersebut bisa menembus 5.000 orang per hari.

Sebagian besar ruang-ruang keraton sekarang berfungsi sebagai museum. Berbagai benda koleksi Kesultanan Yogyakarta dipamerkan di sini. Wisatawan juga bisa menengok satu ruangan yang khusus menyimpan kenang-kenangan milik mendiang Sultan Hamengku Buwono IX. Ruangan tersebut berisi foto-foto pribadi, meja, dan peralatan makan yang ia gunakan saat berkunjung di Belanda.

Keraton, atau yang bernama lengkap Karaton Kasultanan Ngayogyakarta, rutin menggelar berbagai pertunjukkan tradisional Jawa. Setiap Senin, Selasa, dan Kamis, wisatawan bisa menyaksikan pertunjukkan gamelan. Pada hari Rabu wisatawan bisa menikmati pergelaran wayang golek. Sementara itu, Jumat biasa digelar nyanyian dan puisi Jawa.

Di sekitar kawasan keraton, berdiri beberapa museum menarik yang mengabadikan sejarah panjang Kota Yogyakarta. Antara lain Museum Kereta Keraton (dekat gerbang masuk keraton), Museum Sonobudoyo, Benteng Vredeburg (Jalan Jenderal A Yani), Pura Pakualaman (Jalan Sultan Agung), dan Sasmitaloka Jenderal Sudirman (Jalan Bintaran Wetan).

(Sumber Foto: Antara/Noveradika)

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic