Posted February 3, 2013 by wisata in PUSAT JAJAN
 
 

Wedang Uwuh Jogja

jogjapicnic_wedang_uwuh
jogjapicnic_wedang_uwuh

Wedang uwuh adalah minuman penyegar (tonikum) yang berasal dari kawasan Yogyakarta selatan (Kabupaten Bantul), namun sekarang juga diproduksi oleh industri kecil di sekitarnya. Kata wédang dalam bahasa Jawa berarti “minuman” dan uwuh berarti “sampah”. Ia dinamakan demikian karena bahan-bahannya berupa dedaunan dan cuplikan kayu sehingga mirip sampah. Wedang uwuh disajikan panas/hangat, memiliki rasa manis yang berasal dari gula dan rasa pedas yang berasal dari rempah-rempah (terutama jahe) yang menyertainya. Warna cairannya merah cerah, berasal dari serutan kayu secang dan aroma harum yang ditimbulkan oleh daun kulit manis dan cengkeh.

Wedang uwuh biasa diperdagangkan dalam bentuk sediaan kering bahan-bahan penyusunnya. Untuk menyiapkannya, bahan-bahan tersebut diseduh dengan air panas atau direbus sebentar hingga keluar warna merah khasnya. Gula diberikan menyusul.

Bahan-bahan penyusunnya bervariasi, namun demikian secara umum semua mengandung jahe, kayu secang, kayu dan daun kulit manis (cassia vera, Cinnamomum cassia), daun dan bunga cengkeh, irisan buah dan daun pala, akar dan daun serai, serta kapulaga. Sebagai pemanis digunakan gula batu atau gula jawa.

Untuk menikmati wedang uwuh bisa di jumpai pada warung-warung di seputar makam Imogiri dan juga bisa dinikmati di warung  makan terkenal seperti Warung Mie Mbah Mo Bantul Yogyakarta.

(Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Wedang_uwuh )

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic