Posted January 16, 2013 by wisata in PICNIC SEPUTAR JOGJA
 
 

Tidak Hanya Lukisan Di Museum Affandi

jpAffandi
jpAffandi

Semasa hidupnya Affandi disamping memilih hasil koleksi karya lukisnya juga mngoleksi hasil karya seniman lain, yang berupa karya lukis,pahat, patung dan lain sebagainya. Koleksi karya seniman lain ini terdiri dari hasil karya seniman pemula hingga seniman ternama Indonesia lainya, Koleksi lukisan Affandi yang tersimpan saat ini berjumlah 300 buah, yang dipamerkan berkala secara bergantian di museummnya.

Pada Galeri I dapat disaksikan hasil karya Affandi yang berupa lukisan dari tahun awal hingga tahun terakhir semasa hidupnya. Lukisan tersebut terdiri atas kertas, lukisan cat air, pastel, serta cat minyak di atas kanvas. Hasil karya dua buah patung potret diri yang terbuat dari tanah liat dan semen, serta sebuah reproduksi patung karyanya berupa potret diri bersama putrinya Kartika, yang aslinya menjadi koleksi Taman Siswa Jakarta. Sebuah mobil Colt Gallant tahun 1976 adalah mobil kesayangan semasa hidupnya yang telah dimodifikasi sehingga menyerupai bentuk ikan yang terpajang di dalam ruangan ini9 pula. Selain itu terdapat sepedanya dan sejumlah reproduksi diatas kanvas dan kertas. Di dalam Galeri III dipajang karya keluarga Affandi, sulaman Maryati, lukisan Kartika dan Rukmini.

Museum Lukis Affandi pertama  kali dirintis oleh Bapak Affandi pertama kali dirintis oleh Bapak Affandi, sebagai ruang pameran bagi sejumlah hasil karya lukisnya. Pembangunan gedung galeri pertama selesai pada tahun 1962.

Bangunan galeri pertama, dengan luas 314,6 m2, kemudian diresmikan oleh Direktur Jendral Kebudayaan Prof. Ida Bagus Mantra pada tahun 1974. Dan pada tahun 1987 Presiden Soeharto  memberikan bantuan berupa pendirian sebuah bangunan galeri baru yang kedua ini dengan menempati  area tanah seluas 351,5 m2, kemudian diresmikan oleh Mentri Kebugayaan dan Pendidikan Prof. DR. Fuad Hasan pada tanggal 09 Juni 1988.

Museum Affandi ini dikelola oleh Yayasan Affandi sejak tanggal 24 September 1984. Kemudian pada tahun 1997 Yayasan Affandi membangun sebuah galeri yang ketiga guna melengkapi fasilitas dan sarana pendukung lainya yaitu lantai I sebagai ruang pamer, lantai II sebagai perkantoran, ruang restorasi lukisan, ruang basement untuk gudang lukisan dan banguna menara disampingnya sebagai sudut pandang melihat sungai Gajah Wong dan jalan raya dengan luas bangunan 153 m2, yang diresmikan pada tanggal 18 Mei 2000 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

berikut  lokasi Museum Affandi :

Jl.  Laksda Adisucipto 167 Yogyakarta 55281
Telp. +62 274 562593

(sumber oleh tutyhardiasiwi)

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic