Posted January 28, 2013 by wisata in PUSAT JAJAN
 
 

Sarapan Pagi Gudeg Di Jogja

JP GUDEG WIJILAN 2Kota Jogja yang dikenal dengan makanan khas gudegnya, setiap pagi banyak penjual gudeg yang siap melayani sarapan pagi Anda. Pengusaha gudeg pada umumnya sudah mempersiapkan dagangannya mulia jam 3 pagi dan siap menyajikan di tempat penjualan mulai jam 5.30.

Untuk menikmati gudeg yang terbilang laris bisa Anda mengunjung Gudeg Wijilan yang terletak di jalan Wijilan dekat alun-alun utara kota Yogyakarta, atau bisa menikmati Gudeg Yu Jum yang terletak di selokan mataram UGM. Sebenarnya banyak juga penjual Gudeg didekat perumahan ataupun kampung-kampung.

Gudeg dapat didefinisikan secara umum sebagai masakan atau makanan yang dibuat dari bahan baku buah nangka muda. Nangka muda memiliki bagian yang dapat dikonsumsi sebesar 80% serta memiliki komposisi sebagai berikut; protein 2,0%; lemak 0,4%, karbohidrat 11,3%, kandungan air 85,4% serta nilai kalori 51 kkal. Apabila sudah diolah menjadi gudeg, kandungan kalori yang terkandung dalam gudeg sebanyak 100 gram sebesar 53 kkal. Selanjutnya nangka muda ini diolah menjadi gudeg yang dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu gudeg basah dan gudeg kering.

Secara sederhana gudeg dapat didefinisikan sebagai gudeg basah yang mengalami proses pengolahan lebih lanjut, yaitu digoreng dengan menggunakan sedikit minyak goreng atau digoreng tumis. Proses penggorengan adalah untuk mengurangi kadar air sehingga gudeg lebih awet dan tahan lama. Gudeg basah masih memiliki kandungan air yang tinggi (basah), sedangkan gudeg kering mempunyai kadar air lebih rendah.

Biasanya gudeg basah lebih sering dikonsumsi langsung di tempat penjualannya. Hal ini disebabkan kondisi gudeg yang mengandung banyak kuah santan cair atau setengah kental, sehingga gudeg ini memiliki umur simpan lebih rendah dibandingkan dengan gudeg kering. Karena sifatnya yang lebih kering, gudeg kering memiliki umur simpan yang lebih panjang dibandingkan dengan gudeg basah, sehingga banyak wisatawan yang membawa gudeg kering ini sebagai oleh-oleh dari Yogyakarta. Akan tetapi umur simpan gudeg kering ini sampai 24 jam dan bisa diperpanjang dengan memanasinya kembali.

 

 

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic