Posted January 20, 2013 by wisata in PICNIC SEPUTAR JOGJA
 
 

Pesona Desa Wisata Sampetan

desa sampetanJP
desa sampetanJP

Desa wisata Sampetan terletak di wilayah Boyolali,  perjalanan dari kota Jogja sekitar 1,5 jam. Meskipun, Sampetan di Boyolali memang belum dikenal banyak orang, karena terletaknya terpencil di lereng Merbabu. Daerah itu, banyak potensi yang dapat diandalkan sebagai tempat wisata alam yang indah.

“Sampetan ini, merupakan hulu dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Serang, menuju hilir di Waduk Kedung Ombo,” kata Paryanto saat sidak bersama Wakil Ketua DPRD Boyolali Sujadi, anggota Komisi IV, dan Dinas Pariwisata, di Desa Sampetan, Boyolali.

Kepala Desa Sampetan Semin Hartono, mengatakan, sejumlah mata air di kawasan Sampetan di sekitar bukit yang indah yang dulunya dikelola oleh Balai Besar wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juwana, Jawa Tengah karena, daerah itu, sebagai daerah resapan hulu Sungai Serang.

Menurut dia, BBWS Pemali-Juwana, pada tahun 2006 telah mengelola pegunungan yang penuh rumput liar dan pepohonan besar menjadi pemandangan yang indah.

Namun, tanah yang digunakan daerah resapan tersebut milik kas Desa Sampetan, maka pengelola BBWS Pemali-Juwana meminta izin untuk memanfaatkan demi kelestarian alam.

Ia mengakui, BBWS membangun lokasi tersebut dengan arsitektur wisata pegunungan. Jalan penghubung Boyolali-Semarang dibuat sampai ke puncak bukit, dan sebaliknya dari arah Semarang jalan melingkar juga sampai ke puncak.

Jalan tersebut dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Di puncaknya juga dibangun base camp BBWS Pemali-Juwana dan juga terdapat sejumlah hewan kijang yang dikandangkan di lokasi itu.

Oleh karena itu, daerah tersebut sering dikunjungi masyarakat baik dari Boyolali maupun Kabupaten Semarang yang hendak menikmati keindahan alam pegunungan.

Namun, kata dia, daerah itu, jika segera dilakukan pengembangan oleh pihak pemkab tentunya akan meningkatkan jumlah pengunjung di Sampetan. Sehingga, hal itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

(Sumber : Promo Jawa Tengah)

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic