Posted February 20, 2013 by wisata in PICNIC SEPUTAR JOGJA
 
 

Keunikan Desa Wisata Candirejo

jogjapicnic_candirejoHingga kini orang  sudah  mulai mengetahui bahwa desa Candirejo memiliki berbagai keunikan diantaranya  adalah kebon duren yang citarasanya tidak kalah dengan duren montong, seain itu desa wisata tersebut sudah dikelola cukup baik sehingga bisa menawarkan banyak paket wisata, antara lain adalah keliling  desa , bercocok tanam, belajar musik tradisional, belajar bercocok tanam hingga belajar untuk menangkap ikan dikolam alami.

Yang menjadi daya tarik wisata di desa wisata Candirejo adalah keunikan yang ada di desa tersebut yakni berupa kebudayaan tradisional yang terkait dengan kehidupan desa yang alami. Beberapa budaya yang ada yang menarik yang masih dilakukan adalah beberapa upacara adat diantaranya adalah Nyadran yakni berupa upacara adat untuk mengirim doa terhadap leluhur yang dilakukan setahun sekali pada bulan Ruwah atau sebulan menjelang bulan puasa atau Ramadhan. Pusat upacara dilakukan dipusatkan di salah satu kawasan gunung Mijil yang terletak di perbatasan desa. Upacara adat yang lain berupa Saparan dan perti desa atau bersih desa / sedekah bumi yang diadakan setahun sekali pada tanggal 15 bulan sapar menurut kalender jawa bertempat dibalai desa dengan tujuan untuk pengucapan syukur atas hasil panen dan permohonan agar hasil panen mendatang semakin meningkat. Selain itu masih ada upacara adat lainnya yakni kenduri, selamatan, mitoni dan lain lain.

Tanah bebatuan identik dengan tanah yang tandus, namun tidak demikian di Candirejo sebuah desa di perbukitan menoreh dengan masyarakatnya yang mempunyai semangat untuk maju dan berkembang. Kehidupan penduduknya yang masih agraris dengan mengandalkan sector pertanian, mewujudkan arti kata desa mereka “Candirejo” . Candi menggambarkan bebatuan sedangkan rejo berarti kesuburan, sehingga arti Candirejo bisa diartikan tanah bebatuan namun mempunyai kesuburan.

Sebagai Cinderamata anda akan disuguhi berupa kerajinan pandan dengan menghasilkan produk diantaranya berupa tikar pandan. Kerajinan lain terbuat dari bamboo yang menghasilkan ak bamboo, rak buku, tempat tidur, kursi serta lukisan bambu.

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic