Posted July 27, 2019 by wisata in PICNIC SEPUTAR JOGJA
 
 

Hunting Makanan Di Jogja

Halo sahabat Picnicus, semangat hari ini!!!

Kali ini Jogjapicnic.com akan mengulas mengenai makanan khas Jogja yang harus kalian coba ketika liburan di sini sobat. banyak sekali makanan khas, namun tak jarang orang tidak suka dengan makanan tertentu karena rasa nya tidak cocok dengan makanan lingkungan asal tempat tinggal kita. Namun tak ada salahnya kan kalau mencoba…

Di daerah masing-masing kita pasti cita rasa makanan khas yang berbeda-beda. Ada yang manis, asam, asin dan pahit. Kalau di Jgja sendiri cita rasa khas masakan nya itu manis sobat. Tapi jangan khawatir, tidak semua makanan di sini manis kok.  let’s go to the topic, inilah makanan khas yang harus kalian coba.

1. Gudeg

Gudeg Yogyakarta

Gudeg Yogyakarta

Gudeg merupakan makanan khas Jawa Tengah, bahan utama nya adalah nangka yang di masak menggunakan santan. Proses memasaknya pun tidak lah singkat, pewarnaan Gudeg bisa sampai cokelat tua itu oleh karena daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg akan lebih nikmat jika hidangannya di campur dengan Krecek, Tempe, Telur, dan Cabai. Cita rasa Gudeg ini cenderung manis, tapi tenang sobat Picnicus, rasanya enak kok, sudah terbukti kawan-kawan yang lain yang tidak suka makanan manis sekali mencoba makanan ini, besoknya nih bakal pengen cicipin lagi.

2. Krecek

Krecek/Kulit Sapi

Krecek/Kulit Sapi

Krecek merupakan kulit sapi yang dikeringkan sempurna, kemudian digoreng sehingga menjadi kerupuk kulit.  Krecek dimasak dengan menggunakan santan dan dicampur sambal serta cabai utuh. Rasa Krecek ini tidak manis, cenderung asin dan pedas, sangat gurih. Krecek basanya dihidangkan bersamaan dengan Gudeg. Perpaduan Krecek dan Gudeg ini menghasilkan sensasi rasa manis, gurih, dan pedas, yang menghasilkan cita rasa yang spesial dan patut kalian coba.

3.  Oseng Mercon

Oseng Mercon

Oseng Mercon

Oseng Mercon merupakan makanan tradisional yang bahan utamanya menggunakan cabai rawit yang sangat pedas.  Biasanya oseng mercon ini di masakk dengan daging sapi, daging ayam, dan daging kambing. Cita rasa oseng mercon ini sangat pedas, cocok sekali buat anda yang senang berburu makanan pedas nih sob.

4. Sate Klatak

Sate Klatak

Sate Klatak

Nah, makanan kali ini sangat cocok buat kalian pecinta daging kambing. Sate Klatak berbeda dengan sate biasa pada umumnya, danging yang digunakan yaitu daging muda yang di potong-potong, teknik memasaknya di tusuk  dengan menggunakan jeruji besi dan penghidangannya di siram dengan santan yang gurih. Aroma hidangan satenya sangat terasa kaya akan rempah-rempah yang nikmat siap meleleh di lidah. Pokoknya rekomended deh!!

5.  Sate Kelinci

Sate Kelinci

Sate Kelinci

Sate Kelinci identik makanan khas di dataran tinggi yang dingin seperti contoh di daerah Bogor, di Jogja di Telaga Putri merupakan tempat favorit yang biasanya kalau malam hari digunakan sebagai tempat kumpul anak-anak muda. Di sana ada tempat makan yang biasa buka dari pagi sampai larut malam. Udara di sana cukup dingin, oleh karena itu banyak anak muda yang berasal dari kota Jogja mencari sensasi baru berkumpul. Di warung-warung  itu tersedia Sate Kelinci, ada pula tongseng kelinci. Pokoknya tempat itu sangat rekomended buat ngadem, ngopi, dan nongkrong sambil menikmati Sate Kelinci.

 

Okay sahabat Picnicus, saya akan memberitahu rekomendasi hidangan kuliner selanjutnya untuk anda. Nantikan update selanjutnya, hanya di Jogjapicnic.com  🙂

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic