Posted January 24, 2013 by wisata in PICNIC SEPUTAR JOGJA
 
 

Gunungan Kakung Disambut Meriah Tarian

Jogjapicnic-tariangrebekmaulud
Jogjapicnic-tariangrebekmaulud

Info terkini yang  didapatkan mengenai acara grebeg maulud, seperti yang diberitakan oleh tim Kedaulatan Rakyat, berbagai tarian ikut memeriahkan penyambutan gunungan kakung di pintu gerbang utama Kompleks Kepatihan. Tari-tarian yang diperagakan tersebut diiringi musik khas Timur Tengah dengan lafal puji-pujian kepada Sang Pencipta.

Tarian yang diperagakan, sudah menyedot perhatian masyarakat di sekitar Kepatihan yang mulai ramai berdatangan. Mereka menunggu kedatangan Gunungan Kakung untuk selanjutnya diperebutkan.

Tarian yang diperagakan adalah tari Badui dari kelompok seni Minomartani, Sleman. Selanjutnya, Gunungan Kakung rencananya juga akan disambut oleh tari Angguk yang merupakan kesenian khas dari Kabupaten Kulonprogo.

Gunungan Kakung yang diarak ke Kepatihan, akan diperebutkan oleh para abdi dalem Keprajan atau PNS di lingkungan Pemda DIY. Gunungan tersebut merupakan salah satu dari tujuh gunungan yang diarak dalam rangkaian Grebeg Mulud 1946 Jimakir.

“Selain disambut tari Angguk, di dalam bangsal Wiyotoprojo Kepatihan juga digelar pentas kesenian bernuansa Islami. Kedua kesenian tersebut sekaligus membedakan pelaksanaan Grebeg tahun ini dari tahun lalu,” ujar Kabag Humas Pemda DIY, Iswanto.

Setelah masuk ke Kepatihan, Gunungan yang terdiri dari hasil bumi seperti buah dan sayuran itu akan dibawa ke depan masjid Sultoni yang berada di Komplek Kepatihan. “Setelah itu baru dirayah atau diperebutkan oleh masyarakat maupun PNS pemda DIY,” tandasnya.

(Sumber : Kedaulatan Rakyat)

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic