Posted January 20, 2013 by wisata in PICNIC SEPUTAR JOGJA
 
 

Benteng Vredeburg Jogja Dipercantik Lagi

featVredeburgJP
featVredeburgJP

Situs Jagang Benteng Vredeburg dibangun pada tahun 1867 paska gempa bumi di Yogyakarta yang juga merusak bangunnan Benteng Vredeburg.  Situs Jagang dibangun sebagai bagian dari sistem pertahanan Benteng yang pada waktu itu menjadi tempat tinggal perwakilan pemerintah kolonial Belanda di Yogyakarta.

KGPAA Paku Alam IX meresmikan  situs Jagang Benteng Vredeburg dengan prosesi yang sama dengan meresmikan Tugu Pal Putih paska revitalisasi yaitu menggunting bunga diatas jembatan situs Jagang.Situs Jagang Benteng Vredeburg mulai dilakuka revitalisasi  pada Juli-Oktober 2012 dengan menggunakan APBD DIY sebesar  Rp 1,7 M.  Jagang Benteng Vredeburg  yang direvitalisasi berupa parit sepanjang 100 meter dengan kedalaman kolam air 1,5 m.

Kabid Sejarah Purbakala dan Museum Dinas Kebudayaan DIY, Nursatwika menjelaskan, situs Jagang ini sebenarnya mengitari benteng Vredeburg namun revitalisasi hanya dilakukan pada parit di sisi barat  Benteng Vredeburg.Pada tahun 2013 sekarang, situs Jagang Benteng Vredeburg akan ditambahi dengan sejumlah sarana untuk melengkapi keberadaan situs Jagang seperti pada jaman dahulu saat pertama kali dibangun.

Sarana-sarana tersebut adalah pemasangan nozzle (pemompa) air di parit serta pembuatan jembatan hidrolik mengganti jembatan besi yang sekarang terpasang sebagai jalan lewat masuk  Benteng Vredeburg. Nozzle ini digunakan untuk menghadirkan air parit yang bisa menari. Tapi memang untuk membeli nozzle ini harganya sangat mahal sekali. “Anggarannya bisa diambilkan dari APBD DIY 2013,” kata Nursatwika, usai peresmian situs Jagang.

Nantinya, jika nozzle itu sudah terpasang, alat tersebut akan difungsikan tidak setiap saat tapi dibatasi satu hari hanya beberapa jam dan pada jam-jam tertentu saja. “Dilakukan buka tutup misalnya dari jam 11 sampai jam 12 lalu dari jam 15 sampai 16. Nanti ada lagu-lagunya untuk mengiringi air yang menari,” terang Nursatwika.

Sedangkan untuk rencana pemasangan pompa hidrolik untuk jembatan diatas Jagang, sekarang sedang menyelesaikan persoalan teknik pemasangannya. Nantinya, ketika sudah terpasang, pada jam-jam tertentu saja pompa hidrolik itu akan dihidupkan. Nanti yang bertugas beberapa orang yang memakai seragam ala tentara Belanda,” kata Nursatwika.   “Nanti akan dibangun nozzle.Dinas Kebudayaan DIY juga bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan kabupaten/kota juga akan menghadirkan hiburan pentas seni budaya bagi para pengunjung  Benteng Vredeburg di halaman parkir Benteng Vredeburg.

“Nanti juga ada hiburan pentas seni budaya di lapangan parkir, bisa untuk memecahkan kemacetan di jalan Malioboro,” kata Nursatwika.

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic