Posted January 28, 2013 by wisata in PICNIC SEPUTAR JOGJA
 
 

Banyak Turis Asing Di Prawirotaman

Jogjapicnic-Turissantai
Jogjapicnic-Turissantai

Kampung Prawirotaman adalah sebuah kampung turis berada sekitar 2 km di sebelah tenggara dari Keraton Yogyakarta. Kampung ini sudah ada sejak abad ke-19, ketika Sultan menghibahkan sepetak tanah pada Prawirotomo, seorang petinggi pasukan kraton. Kampung ini memiliki peran besar dalam perang kemerdekaan dan sempat menjadi Kampung Batik Yogyakarta pada era 60-an.

Keberadaan penginapan murah di Prawirotaman pertama kali diprakarsai oleh seorang keturunan langsung Prawirotomo. Melihat usaha batik yang digeluti sebagian besar penghuni kampung makin surut, beliau mendirikan sebuah guest house pertama di Prawirotaman di jalan Prawirotaman I. Saat ini, terdapat sekitar 30 hotel dan penginapan Prawirotaman.

Kampung Prawirotaman sebenarnya memiliki 3 jalan yang dinamakan Prawirotaman I, II, dan III. Setelah masa perang kemerdekaan, Jalan Prawirotaman III diubah namanya menjadi Jalan Gerilya. Pada perkembangannya, Jalan kawasan di sekitar Jalan Gerilya berkembang menjadi perkampungan penduduk. Hal-hal inilah yang membuat Kampung turis Prawirotaman hanya berkembang di wilayah seputaran Jalan Prawirotaman I dan II.

Prawirotaman I adalah Jalan Utama kampung turis ini. Disinilah terdapat sebagian besar sarana akomodasi Kampung Prawirotaman. Selain penginapan, fasilitas lain seperti agen wisata, warnet dan wartel, cafe dan resto, serta toko buku tersedia di jalan ini. Toko buku di Prawirotaman menyediakan buku bekas karya para pengarang terkenal dengan harga terjangkau. Beberapa toko seni dan kerajinan di Prawirotaman menyediakan berbagai jenis kerajinan dan barang antik.

Jalan Prawirotaman II terletak di sebelah selatan Prawirotaman I. Di kawasan ini terdapat sebuah pasar tradisional yang masih beroperasi hingga saat ini. Wisatawan asing biasanya berkunjung ke pasar ini untuk menyaksikan pasar tradisional yang tidak pernah ada di peradaban barat modern. Tak jarang mereka menyempatkan diri untuk berjalan menyusuri lorong pasar dan merasakan beberapa jenis jajanan tradisional yang dengan mudah diperoleh di sini.

Hotel di Jalan Prawirotaman dibangun dengan gaya arsitektur yang beragam, mulai Jawa klasik hingga gaya modern. Harga kamar per malam di Kampung Prawirotaman bervariasi tergantung dari kelas hotel, fasilitas, dan musim kunjungan. Harga kamar pada masa-masa normal berkisar antara Rp50.000,00-Rp300.000,00 per malam. Pada musim liburan antara Juli-Agustus, harga kamar umumnya akan mengalami kenaikan.

Saat ini  banyak sekali dijumpai turist di kampung Prawirotaman dengan pakaian santai, bersandal jepit sehingga jangan heran bila di pinggir jalan banyak “londo” (sebutan turist asing -red) yang bersliweran dengan pakaian santai seperti Bali.

 

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic