Posted January 22, 2013 by wisata in PICNIC SEPUTAR JOGJA
 
 

Acara 7 Gunungan Siap Padati Kota Jogja

grebegsekatenJogjapicnic
grebegsekatenJogjapicnic

Sebanyak tujuh gunungan akan memeriahkan puncak peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Grebeg Maulud pada Kamis (24/1/2013). Ketujuh gunungan akan diarak dari Kraton Yogyakarta menuju Masjid Gede Kauman dengan dikawal 12 bregodo.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bagian Humas, Biro Umum, Humas dan Protokol, Setda DIY, Sarjuni, Selasa (22/1/2012). Sarjuni menuturkan, tujuh gunungan yang diarak tersebut terdiri dari tiga gunungan kakung, satu gunungan putri, satu gunungan gepak, satu gunungan pawuhan, dan satu gunungan darat. “Gunungan ini menggambarkan sedekah raja kepada rakyatnya dan menyimbolkan kesejahteraan,” ujarnya di komplek Kepatihan.

Menurut Sarjuni keluarnya ketujuh gunungan tersebut akan dikawal 12 bregodo yakni 10 bregodo prajurit Lombok Abang dari Kraton Yogyakarta dan dua bregodo prajurit Plangkir dari Kadipaten Pakualaman. Upacara Grebeg dimulai dengan parade kesatuan prajurit Kraton di Alun-Alun Lor.

“Puncak dari upacara ini adalah iringan gunungan yang dibawa ke Masdjid Gede. Di Masjid digelar pula doa dan upacara persembahan kepada Tuhan. Selanjutnya, sebagian gunungan dibagi-bagikan pada masyarakat umum dengan cara diperebutkan,” jelasnya.

Khusus untuk Gunungan Kakung, imbuh Sarjuni masing-masing akan diperebutkan masyarakat sekitar Masjid Gede dan abdi dalem sekitar Kadipaten Pakualaman, serta masyarakat dan abdi dalem kaprajan di Kepatihan.

Prosesi perjalanan Gunungan Kakung yang akan diperebutkan masyarakat dan abdi dalem kaprajan dari Masjid Gede ke Kepatihan  akan dikawal dan dipandu oleh bregodo prajurit Bugis.

“Penyambutan gunungan di Kepatihan pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Kedatangan gunungan akan disambut pentas tari tradisional Angguk dari Kabupaten Kulonprogo, di pintu gerbang utama Kompleks Kepatihan dan pentas kesenian bernuansa Islami di Bangsal Kepatihan,” imbuhnya

Dalam rangka pelaksanaan Grebeg Maulud sebagai  puncak acara perayaan Sekaten 2013 pada hari Kamis (24/1) sebagian ruas jalan protokol di Kota Yogya akan ditutup. Arus lalu lintas akan dialihkan melalui ruas jalan yang lain untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Kabid Operasional Dinas Perhubungan Kota Yogya Udiyono menyampaikan, penutupan akan dilakukan mulai jam 08.00 sd. 12.00 WIB. Beberapa ruas jalan yang akan ditutup adalah Jalan Malioboro, Jalan KHA Dahlan, Jalan Suryotomo dan Jalan Sultan Agung. “Penutupan jalan ini dikarenakan dua buah gunungan dari Keraton Yogyakarta akan dibawa ke Kompleks Kepatihan dan Puro Pakualaman,” ujarnya, Selasa (22/1) di Yogyakarta.

(Sumber Kota Jogja)

Komentar Anda

komentar facebook


wisata

 
Wisata Piknik ke Jogja Baca dulu JogjaPicnic